Selamat Datang dan Selamat Membaca!! Penduduk Tak Sadar Sampah, Lingkungan Tercemar ~ MASA DEPAN KEPENDUDUKAN

Sabtu, 21 Juni 2014

Oleh Ulul Albab
Tak semua orang memahami pentingnya menjaga lingkungan. Padahal lingkungan yang tercemar itu sangat berakibat buruk bagi kehidupan masyarakat. Ada bermacam-macam penyebab lingkungan tercemar. Contoh paling sederhana adalah membuang sampah secara sembarangan.
Berikut ini sumber pencemaran lingkungan:

  • sampah rumah tangga 
  • sampah pasar 
  • sampah rumah sakit
  • limbah industri
  • asap kendaraan bermotor
  • aktivitas alam
  • dan sebagainya


Makin banyak penduduk maka produksi sampah (sampah rumah tangga) akan semakin banyak. Sampah rumah tangga itu sebnarnya adalah sampah yang mudah dikelola. Hampir di setiap RT telah ada program kebersihan lingkungan. Petugas kebersihan biasa memungut sampah dari bak-bak sampah tiap rumah. Hanya saja masih banyak rumah tangga yang membuang sampah sembarangan, misal membuang sampah ke sungai.
Wawasan lingkungan yang baik menuntut penduduk untuk pintar mengelola sampah. Sampah organik dan sampah anorganik harusnya dipisah. Saat ini sampah rumah tangga masih seringkali dicampur menjadi satu. Sebenarnya jika sampah organik terpisah dari sampak anorganik, maka sampah organik bisa diolah menjadi pupuk, dan sampah anorganik bisa diolah ulang (recycle dan reuse).
Selain itu jumlah penduduk yang semakin meningkat juga meningkatkan jumlah kendaraan bermotor. Asap terus saja mengepul di lingkungan. Kita kesulitan untuk membersihkan udara dari asap tersebut. Seakan-akan kemampuan lingkungan memperbaiki diri lebih rendah dibandingkan laju bertambahnya asap kendaraan dan industri. Langkah nyata harus benar-benar dilakukan. Idelanya bertambahnya penduduk juga bertambah pohon. Sehingga penduduk harus memposisikan di mana mereka tinggal dan melestarikan pohon-pohon untuk hidup dan berkembang. Sebab pohonlah pahlawan dalam pengolahan udara.
Selain menjernihkan udara tercemar, pohon juga mampu menyelamatkan sumber daya air, tanah, dan lingkungan. Namun, pertumbuhan pohon akan terhambat dengan menumpuknya sampah disekitar pohon. Kesimpulannya ada 2 hal yang harus diperhatikan, yaitu: mengelola sampah secara baik dan melestarikan pohon. Kedua hal tersebut yang akan menyelamatkan lingkungan dari ketercemaran. 

0 komentar :

Posting Komentar