Selamat Datang dan Selamat Membaca!! Penerbangan dan Kereta Api Murah Sebagai Solusi Masalah Transportasi Kependudukan ~ MASA DEPAN KEPENDUDUKAN

Minggu, 22 Juni 2014

Oleh Ulul Albab
Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki 17.504 pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Indonesia juga menjadi negara terbanyak ke-4 dalam jumlah penduduknya. Meski bejumlah besar penduduk Indonesia tidak tersebar merata. Kebanyakan penduduk masih suka memilih tempat tinggal di Pulau Jawa. Karena pembangunan di pulau luar Jawa belum merata serta akses di sana masih mahal. Oleh karena itu diperlukan solusi di bidang transportasi. Saya berharap dari transportasi yang maju dan merakyat akan berdampak pada majunya pulau-pulau lain. Mobilitas penduduk akan mudah dan produktivitas manusia dalam kegiatan ekonomi antarpulau semakin baik.
Tulisan ini bertujuan untuk memaparkan strategi dalam mewujudkan transportasi murah. Menurut saya penerbangan dan kereta api adalah bentuk transportasi yang efisien dan strategis di masa depan.  Kenapa? Karena dapat kita banyangkan bila kendaraan roda dua dipakai transportasi jarak jauh berpotensi cukup besar untuk terjadinya kecelakaan. Kecelakaan roda dua biasanya terjadi karena faktor kelelahan, kurang konsentrasi, jalan rusak, dan ausnya/rusaknya suku cadang. Sementara kendaraan roda empat atau lebih kerap mengalami kemacetan di jalan. Bila macet terjadi maka imbasnya ada pada penumpangnya, beragam masalah akan muncul.
Lewat tulisan ini, saya beropini bahwa pesawat terbang dan kereta api adalah alat angkut andalan. Karena tidak mengalami kemacetan dan dapat diminimalisir kejadian kecelakaannya. Hanya saja harga tiket pesawat dan kereta api masih terbilang mahal. Pasti akan banyak manfaatnya bila tiket tersebut menjadi murah. Berikut beberapa manfaat menurut saya:

  • Mengurangi kemacetan
  • Mengurangi tingkat stres akibat macet dan keterlambatan perjalanan
  • Mengurangi kecelakaan
  • Mengurangi angka kematian yang disebabkan kecelakaan
  • Menambah pendapatan negara
  • Memperbanyak destinasi wisata. Semakin banyak penerbangan antardaerah akan meningkatkan potensi daerah wisata tujuan.
  • Meningkatkan keramaian daerah terpencil
  • Mempercepat mobilitas
  • Meningkatkan konektivitas antarpulau
  • Meningkatkan produktivitas tenega kerja
  • Menambah lapangan kerja dan peluang bisnis terkait penerbangan dan perkerataapian
  • Mengurangi penggunaan BBM
                                                                                                                                     
Untuk mewujudkan tiket pesawat terbang murah, ada beberapa tantangan yang harus di atasi. Diantaranya: harga pesawat masih tinggi, kurangnya pilot dan kru pesawat, lambatnya pertumbuhan lalu lintas penerbangan, dan kurang luasnya bandar udara yang telah beroperasi. Dan berikut adalah solusi yang tepat menurut saya untuk mewujudkan cita-cita tiket pesawat murah:

  1. Indonesia membangun perusahaan pesawat terbang mandiri untuk memproduksi pesawat yang hemat operasional.
  2. Indonesia mendukung Bapak Habibie dan PT Regio Aviasi Industri (RAI) dalam memproduksi pesawat R-80 untuk meningkatkan mobilitas dan konektivitas masyarakat Indonesia yang berbentuk kepulauan. BJ Habibie adalah salah satu putra terbaik bangsa yang konsisten dalam memajukan teknologi penerbangan di Inodnesia. Oleh karenanya sebagai bangsa Indonesia sangatlah tepat bila kita memberikan dukungan dan apresiasi kepada beliau.
  3. Memperluas bandar udara di berbagai daerah. Bandara yang luas akan menampung lebih banyak pesawat yang berarti juga lebih banyak penerbangan bisa dilakukan.
  4. Niali rupiah harus stabil agar tidak terjadi depresiasi rupiah yang mengakibatkan biaya operasional penerbangan membengkak.
  5. Edukasi kepada masyarakat untuk memilih transportasi udara sebagai pilihan dalam metode perjalanan antarpulau, perjalanan jauh, dan perjalanan cepat.

Sementara itu untuk mewujudkan tiket kereta api murah, ada beberapa tantangan yang harus di atasi. Diantaranya: di beberapa negara lain kereta api sudah menjadi tulang punggung transportasi sementara di Indonesia belum, kurangnya jumlah kereta yang beroperasi, kurang tepat waktunya keberangkatan, dan gangguan persinyalan. Kereta api adalah usaha monopoli pemerintah. Saya kira akan mudah untuk memberikan kebijakan tiket kereta api murah. Upaya untuk mewujudkan tiket kereta api murah antara lain:

0 komentar :

Posting Komentar